Vision & Mission of Hadaya Vatthu Foundation

Hadaya Vatthu Foundation is founded by a group of people who has seen and experienced the wonderful effects of meditation according to the Buddha’s teachings (Dhamma), especially to preserve Theravada Forest Meditation Tradition in Indonesia. People cannot have a deep understanding of the Dhamma without also deepening their concentration (samadhi) and awareness (sati); as part of the Eightfold Noble Path. Hadaya Vatthu is a Pali word. It represents the heart base which is present in the blood of the heart. It is described in the Visuddhimaga (viii, 111)…. "there is hollow the size of a punnaga seeds bed where half a pastata measure of blood is kept, with which as their support the mind element and mind-consciousness element occur.” This is the place where our consciousness emanates.

Our vision is to have as many people as possible make meditation (in accordance with the teachings of the Buddha) a common and daily practice in their lives. It is also our vision to have some Indonesians become highly skilled meditation teachers in the years to come.

Our mission is to introduce meditation techniques and practices (in accordance with the teachings of the Buddha) to the general public so that peaceful and happy meditation communities are developed.

March 02, 2010

Dukungan Dana untuk support calon Bhikkhu dan Sayalay di Myanmar

Rekan-rekan,
Pa Auk Sayadaw sejak 1 Jan sampai 30 Jun 2010 ini telah membimbing Retreat Meditasi khusus yg sebenarnya diperuntukan bagi yg telah menyelesaikan Samatha dan Vipassana courses yg beliau ajarkan. Retreat kali ini dimaksudkan agar dapat mencetak master-master/guru-guru meditasi untuk dikirim ke seluruh dunia karena ini diikuti oleh murid-murid beliau dari seluruh negara.

Karena Pa Auk Sayadaw telah 3 tahun tidak pulang ke Myanmar, maka jumlah peserta yang dari 300 orang, menjadi lebih dari 1.100 yogi.

Dari Indonesia sendiri, total yang akan berangkat sampai tgl 7 Maret ini yaitu: 5 bhikkhu (Bhikkhu Thitayanno, Bhikkhu Tejanando, Bhikkhu Ciradhammo, Bhikkhu Thio Mick, Bhikkhu Mirad), Sayalay Hirima, 2 calon bhikkhu (Didi dan Tan Yoe Jie), satu calon Sayalay (Eliana Halim) dan 8 umat lainnya.

Untuk keberangkatan 9 bhikkhu, sayalay, calon bhikkhu dan calon sayalay ini, kita memerlukan biaya sekitar Rp 10 Juta/org, total Rp 90 juta. Dimana selain itu kita perlu mendanai juga Pa Auk Tawya Meditation Center sebagai tempat berlatihnya.
Selain itu kita juga mensupport dana utk 3 bhikkhu (Bhikkhu Gunawan, Bhikkhu Andy Suryadi, BhikkhuMax, Sayalay Sri Dewi dan 2 calon sayalay (Fenny dan Fuanny) di Myanmar dan Bhikkhu Hendra Ho dan Bhikkhu Miki di Thailand. Adapun dana yang diperlukan sekitar USD 100/org/tahun.

Bersama ini kami memohon dukungan dana untuk mensupport mereka semua dan calon-calon bhikkhu dan sayalay lainnya dalam bentuk dana rutin setiap bulan misalnya minimal Rp 10.000 ke BCA 211.302.2272 an. Yayasan Hadaya Vatthu. Mohon ditulis beritanya untuk support samana.

Jika anda perlu kami "ingatkan" setiap bulannya, mohon untuk memberi tahu no HP anda ke daftarhadaya@gmail.com dan kami akan mengirimkan sms utk mengingatkan anda setiap awal bulannya.

Untuk itu marilah kita dapat terus mensupport para bhikkhu/sayalay agar dapat mengembangkan batinnya dan menjalankan vinayanya dengan baik dimana salah satunya adalah tidak mempunyai/memiliki uang. Untuk itu kita ber "pavarana" kepada mereka dimana kita sebagai kapiya dengan demikian jika mereka memerlukan sesuatu mereka akan dapat atau diperbolehkan untuk memintanya kepada kita karena kita sudah ber"pavarana" terhadap mereka. Dengan demikian kita juga dapat terus mensupport calon bhikkhu/sayalay dan dapat terus mencetak guru-guru meditasi di Indonesia ini dan yang paling penting kita dapat mensupport para samana utk mengembangkan batinnya secara lebih baik.

Anda dapat mendapatkan informasi akan kegiatan yang kita lakukan via Face Book hadaya vatthu dan website yg sedang kami kembangkan yaitu: www.hadayavatthu.org
hadayavatthufoundation.blogspot.com

Anumodana atas dukungannya selama ini dan niat ini dimulai dari niat baik yang tentunya akan menghasilkan hal yang baik pula. Ini merupakan usaha dari kita, oleh kita dan untuk kita semua.

Terima kasih.

Mettacittena,
charles hardono